Rabu, 09 November 2016

SEJARAH BAHASA INDONESIA

Diposting oleh Mira Sandrana di 08.38


MAKALAH
BAHASA INDONESIA
“Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia”










Oleh:
1.      MIRA SANDRANA
2.      RIRIN AGUSTIAWATI
3.      INTAN FERONIKA
4.      KURNIA FITRI YANTI

KELOMPOK    1
DOSEN PEMBIMBING:
 HADI RUMADI, S.Pd. M. Pd

JURUSAN AGRIBISNIS
UNIVERSITAS RIAU
TAHUN 2015
                                                           
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Mahasiswa ditingatkan kesadarannya bahwa bahasa Indonesia adalah alat komunikasi paling penting untuk mempersatukan seluruh bangsa Indonesia. Hal ini mengingat bahasa Indonesia merupakan alat mengungkapkan diri baik secara lisan maupun tertulis, dari segi rasa, karsa, dan cipta serta pikir, baik secara etis, estetis, maupun secara logis. Warga negara Indonesia yang mahir berbahasa Indonesialah yang akan dapat menjadi warga negara yang mampu memenuhi kewajibannya di mana pun mereka berada di wilayah tanah air dan dengan siapa pun mereka bergaul di wilayah NKRI. Oleh sebab itu, kemahiran berbahasa Indonesia menjadi bagian dari kepribadian Indonesia. Kemahiran berbahasa Indonesia bagi mahasiswa Indonesia tercermin dalam tata pikir, tata ucap, tata tulis, dan tata laku berbahasa Indonesia dalam konteks ilmiah dan akademis. Oleh karena itu, bahasa Indonesia masuk kedalam kelompok mata kuliah pengembangan kepribadian mahasiswa, yang kelak sebagai insan terpelajar akan terjun ke dalam kancah kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai pemimpin dalam lingkunganya masing-masing. Oleh karena mahasiswa diharapkan kelak dapat menyebarkan pemikiran dan ilmunya, mereka diberi kesempatan melahirkan karya tulis ilmiah dalam berbagai bentuk dan menyajikannya dalam forum ilmiah.
Mahasiswa peserta kuliah perlu disadarkan akan kenyataan ini dan ditimbulkan kebanggaannya terhadap bahasa nasional kita. Kemudian mahasiswa hendaknya juga ditingkatkan kesadarannya akan kedudukan BI sebagai bahasa Negara dan bahasa nasional, dan fungsi BI sebagai bahasa lingua franca yang berpotensi untuk mempersatukan seluruh bangsa. Untuk selanjutnya, mereka hendaknya diminta untuk mengidentifikasi implikasi-implikasi dari semua butir tentang bahasa Indonesia tersebut bagi mereka sebagai warga Negara yang bertanggung jawab. Penyadaran dicapai lewat kegiatan ceramah dan Tanya jawab/diskusi, sedangkan identifikasi implikasi lewat diskusi kelompok.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah sejarah Bahasa Indonesia?
2.      Bagaimanakah fungsi bahasa Indonesia dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional?
C.    Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui bagaimana sejarah bahasa Indonesia.
2.      Agar mengetahui fungsi bahasa Indonesia dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional.
D.    Manfaat Penulisan
1.      Agar Mahasiswa mengetahui sejarah bahasa Indonesia.
2.      Agar Mahasiswa mengetahui fungsi bahasa indonesia.



















PEMBAHASAN
A.    Sejarah Bahasa Indonesia
1.      Bahasa Indonesia sebelum Kemerdekaan
Bahasa Melayu adalah bahasa bahasa kebangsaan Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Bahasa Indonesia yang berkedudukan sebagai bahasa kebangsaan dan bahasa resmi Negara Republik Indonesia merupakan sebuah dialek bahasa Melayu, yang pokoknya dari bahasa melayu Riau (bahasa Melayu di provinsi Riau,Sumatra, Indonesia). Nama Melayu mula-mula sekali digunakan sebagai nama kerajaan tua di daerah jambi di tepi sungai Batanghari, yang pada pertengahan abad ke-7 ditaklukan oleh kerajaan Sriwijaya. Selama empat abad kerajaan ini berkuasa di daerah Sumatra Selatan bagian timur dan dibawah pemerintahan raja-raja Syailendra bukan raja menjadi pusat politik di Asia Tenggara, melainkan juga menjadi pusat ilmu pengetahuan.
Berdasrkan beberapa prasasti yang ditemukan, yaitu Kedukan Bukit (683), Talang Tua (684),Telaga Batu (tidak berangka tahun),Kota Kapur,Bangka (686), dan Karang Brahi(686) membuktikan bahwa kerajaan Sriwijaya menggunakan bahasa Melayu, yaitu yang biasa disebut Melayu kuno, sebagai bahasa resmi dalam pemerintahnya. Dengan kata lain, prasasti-prasasti itu menunjukkan bahwa pasa abad ke-7 bahasa Melayu telah digunakan sebagai bahasa resmi di daerah kekuasaan Sriwijaya yang bukan hanya di Sumatra,melainkan juga di Jawa dengan ditemukanya prasastri Gandasuli di Jawa Tengah (832) dan didekat bogor (942). Disamping sebagai bahasa resmi pemeribntahan, bahasa melayu juga sudah digunakansebagai bahasa kebudayaan,yaitu bahasa pengantar dalam mempelajari ilmu agama dan bahasa perdagangan.






2.      Pasca 1928
1.      Berdirinya Angkatan Pujangga Baru (1933) “Pembinaan Bahasa dan Kesusastraan Indonesia” Pelopor Angkatan Pujangga Baru: Sultan Takdir Alisjahbana,Armijn Pane,Amir Hamzah.
2.       Diadakan Kongres I Bahasa Indonesia, Surakarta (Solo),
25-28 Juni 1983.
3.      Jepang berkuasa di Indonesia, 1 Mei 1942.
Pemakaian Bahasa Indonesia sebagai media komunikasi antar Penduduk. Pemakaian bahasa Jepang dan Pelarangan tegas penggunaan Bahasa Belanda. Angkatan Kesusastraan yang dipelopori Chairul Anwar,Idris, Asrul Sani,.Angkatan Kesusastraan dikenal sebagai Angkatan 45.

3.      Bahasa Indonesia Sesudah Kemerdekaan
Setelah proklamasi kemerdekaan pada tahun 1945, bahasa Indonesia semakin mantap kedudukanya. Perkembanganya juga cukup pesat. Sehari sesudah proklamasi kemerdakaan, pada tanggal 18 Agustus ditetapkan Undang-undang Dasar 1945 yang didalamnya terdapat pasal, yaitu pasal 36, yang menyatakan bahwa “Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia.” Dengan demikian, di samping berkedudukan sebagai bahasa Negara,bahasa Indonesia dipakai dalam semuah urusan yang berkaitan dengan pemerintahan dan Negara.
Sesudah kemerdekaan, bahasa Indonesia Mengalami perkembangan yang pesat. Setiap tahun jumlah pemakai bahasa Indonesia bertambah. Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa Negara juga semakin kuat. Perhatian terhadap bahasa Indonesia baik di pemerintah maupuj masyarakat sangan besar.Pemerintah orde lama dan orde baru menaruh perhatian yang sangat besar terhadap perkembangan bahasa Indonesia diantaranya melalui pembentukan lembaga yang mengurus masalag kebahasan yang sekarang menjadi Pusat Bahasa dan penyelenggaraan Kongres Bahasa Indinesia. Perubahan ejaan bahasa Indonesia dari Ejaanvan Ophujisen ke Ejaan Soewandi hingga Ejaan yang disempurnakan selalu mendapattanggapan dari masyarakat.
Dalam era globalisasi sekarang ini, bahasa Indonesia mendapat saingan berat dari bahasa Inggris. Semakin banyak orang Indonesiayang belajar dan menguasai bahasa Inggris, yang tentu saja merupakan hal yang positif dalam rangka pengembangan ilmu dan teknologi. Akan tetapi, ada gejala semakin mengecilnya perhatian orang terhadap bahasa Indonesia. Tampaknya orang lebih bangga memakai bahasa inggris daripada bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia yang dipakai juga banyak dicampur dengan bahasa inggris kekurang pedulian terhadap bahasa Indonesia ini akan menjadi tantangan yang berat dalam pengembangan bahasa Indonesia.
Pada awal tahun 2004, Dewan Bahasa dan pustaka (Malaysia) dan Majelis Bahasa Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia (MABBIM) mencanangkan Bahasa Melayu dijadikan sebagai bahasa resmi ASEAN dengan memandang lebih separu jumlah penduduk ASEAN mampu bertutur dalam bahasa Melayu. Walau bagaimanapun,perkara ini masih dalam perbincangan.
Melalui perjalanan sejarah yang panjang, bahasa Indonesia telah mencapai perkembangan yang luar biasa, baik dari segi jumlah penggunanya, maupun dari segi system tata bahasa dan kosakatanya serta maknanya. Sekarang bahasa Indonesia telah menjadi bahasa besar yang digunakan dan dipelajari tidak hanya do seluruh Indonesia tetapi juga di banyak nrgara. Bahkan keberhasilan Indonesia dalam mengajarkan bahasa Indonesia kepada generasi muda telah dicatat sebagai prestasi dari segi peningkatan komunikasi bantar warga Negara Indonesia.

4.      Perkembangan Bahasa Indonesia Masa Reformasi
Diselenggarakan Kongres Bahasa Indonesia VII mengusulkan dibentuknya Badan Pertimbangan Bahasa di Hotel Indonesia, Jakarta 26-30 Oktober 1998. Munculnya Bahasa Media Massa (bahasa Pers):
1.  Bertambahnya jumlah kata-kata singkatan (akronim);
2. Banyak penggunaan istilah-istilah asing atau bahasa asing adalam surat kabar.
Pers telah berjasa dalam memperkenalkan istilah baru, kata-kata dan ungkapan baru, seperti KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme), kroni, konspirasi, proaktif, rekonsiliasi, provokator, arogan, hujat, makar, dan sebagainya.Bahasa Indonesia sudah mulai bergeser menjadi bahasa kedua setelah Bahasa Inggris ataupun bahasa gaul.
Selain itu, dipengaruhi pula oleh media iklan maupun artis yang menggunakan istilah baru yang merupakan penyimpangan dari kebenaran cara berbahasa Indonesia maupun mencampur adukan bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

5.      Kedudukan Dan Fungsi Bahasa Indonesi yaitu:
1.      sebagai bahasa persatuan (alat perhubungan antardaerah
2.      dan antarbudaya;
3.      bahasa nasional dan bahasa resmi
4.      sebagai bahasa budaya dan bahasa ilmu;
5.      Dan sebagai bahasa pengantar di lembaga-lembaga
6.      pendidikan.














PENUTUP
A.    Kesimpulan
Sesuai dengan uraian di atas, maka dapat ditarik kesimpulan mengenai Sejarah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa melayu yang sudah digunakan sejak abad ke 7, pada masa Kerajaan Sriwijaya. Bahasa Melayu pada saat itu digunakan sebagai sebagai bahasa perhubungan (Lingua franca).
Bermula dari Ikrar Sumpah Pemuda, yang tertuang pada butir ke tiga, bahwa bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa dan merupakan bahasa persatuan. Dan Secara yuridis bahasa Indonesia telah diakui sebagai Bahasa Nasional pada 18 Agustus 1945 dan ditetapkan dalam UUD 1945 bab XV pasal 36.





















DAFTAR PUSTAKA

Tim Penyusun. 2013. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Bahasa Indonesia. Makassar: Badan Pengembangan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Tarigan. 1984. Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung : Angkasa.










0 komentar:

Posting Komentar

@mira_rara ツ
@Mirasandrana

hidup tuh punya tujuan ツ untuk sekarang,esok,dan masa depan ツ.bissmilahirohmanirohim ツI love Allah ツ

rengat,riau ,indonesia · http://mira-sandrana.blogspot.com
Sunting profil anda

* 161 Tweets
* 350 Following
* 88 Followers

 

"Pio_Igo" :) Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting